SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Catatan (untuk) Lahan Pertanian Sukoharjo

45

INFOSOLORAYA.COM- SUKOHARJO- Kabupaten Sukoharjo sebagai salah satu Kabupaten yang berada di wilayah  Jawa Tengah. Luas wilayah Kabupaten Sukoharjo secara keseluruhan adalah 444,666 km2, terbagi menjadi 12 wilayah kecamatan.Kecamatan tersebut adalah Sukoharjo, Tawangsari, Bulu, Weru, Nguter, Bendosari, Grogol, Baki, Gatak, Kartasura, Mojolaban, dan Polokarto.

Dilihat secara geografis Kabupaten Sukoharjo di belah  Sungai Bengawan Solo menjadi dua bagian. Bagian utara pada umumnya merupakan dataran rendah dan bergelombang, sedang bagian selatan dataran tinggi dan pegunungan. Sebagian daerah di perbatasan merupakan daerah perkembangan Kota Surakarta, diantaranya di kawasan Grogol dan Kartosuro.

Sukoharjo  mempunyai potensi alam dan pertanian yang cukup baik, terutama lahan pertaniannya. Pertanian di wilayahSukoharjo ditengarai saat ini tengah berupaya membangun  infrastruktur  irigasi dan ketersediaan alat-alat  tehnologi pertanian.

Apalagi menurut sumber catatan di Dinas Pertanian Sukoharjo, visi yang dibangun adalah mewujudkan pertanian yang modern, tangguh, maju, sejahtera dan berkeadilan. Beberapa target pencapain itu seperti pertama adanya upaya pelestarian swasembada beras. Kedua pencapain swasemba kedelai, jagung dan pengembangan hortikultur.

Seperti apa yang diungkapkan Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo Netty Harjianti perlunya  membangun sistem pertanian yang tepat guna dan modern. Program tersebut terkait untuk  meningkatkan potensi pertanian yang ada di kabupaten Sukoharjo sendiri.

“Peningkatan SDM pertanian juga perlu dilakukan seiring perkembangan zaman,”kata Netty Harjianti.

Sementara itu, ada sebagian pemerhati pertanian Ghozali  mengatakan langkah yang dilakukan Dinas Pertanian masih dinilai belum maksimal. Terus apa yang belum maksimalnya? dia mengatakan apapun misi dan visinya yang dilakukannya  tidak akan pernah tercapai secara optimal,selama  pembangunan pertanian yang berkelanjutan tidak dipikirkan.

“Sebab semua itu memerlukan strategi pengembangan. Baik strategi pengembangan dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang,”ujarnya.

Masih katanya, untuk itu perlu adanya kajian lebih mendalam mengenai strategi pengembangan yang tepat dalam pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Sukoharjo.

Apa yang diungkapkan pemerhati pertanian memang tidak salah, begitu juga apa yang dilakukan Dinas Pertanian juga tidak salah. Semua harus menjadi masukan untuk mendorong menjadi  Sukoharjo benar-benar menjadi makmur.

Namun disisi lain memang persoalan pertanian yang saat ini tengah menjadi sorotan, yaitu persoalan kasus pupuk palsu. Menurut berbagai berita yang dilansir media, banyak petani yang mengeluhkan pupuk palsu seperti yang terjadi di Boyolali. Meski di daerah lain, Dinas Pertanian perlu mewaspadai pupuk palsu yang bisa juga beredar di Sukoharjo

Belum lagi persoalan adanya alih fungsi lahan pertanian juga saat ini terus meluas di Sukoharjo. Data Dinas Pertanian Sukoharjo tercatat lahan pertanian pada akhir 2013 seluas 20.814 hektare.

Tragisnya, lahan pertanian menyusut sampai 473 hektar, jika dibandingkan dengan 2010. Bagaimana dengan di tahun ini ? ini harus menjadi catatan serius bagi Pemkab Sukoharjo.

Alih fungsi pertanian akibatnya beberapa faktor disamping akibat terus berkembangnya pembangunan industri, kemungkinan juga  tidak senangnya masyarakat terhadap profesi petani karena pendapatan petani terlalu kecil. Hal ini terlihat hasil penelitian yang dilakukan YB Widodo dan Gutomo Bayu Aji dari Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam kajian penelitian ilmiah yang dilakukan di Desa Kepuh, Kabupaten Sukoharjo disebutkan profesi petani termasuk dalam profesi dengan pendapatan yang rendah. Persoalan itu bisa juga membawa dampak yang buruk bagi upaya pencapain misi dan visi pertanian di Sukoharjo itu sendiri. Semoga Dinas Pertanian Sukoharjo mampu mensikapi ini dengan baik ( Zul)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.