SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Desa Slogohimo Menggelar Musdes RPJM Desa

35

INFOSOLORAYA.COM-WONOGIRI- Pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) pembahasan Rancangan RPJM Des Desa Slogohimo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri di balaidesa dihadiri berbagai elemen masyarakat berlangsung dinamis dan partisipatif (Kamis, 21/3).

Sidang Musyawarah Desa untuk pembahasan rancangan RPJM Des dipimpin oleh Kenthut Sriwiyono, Ketua BPD membahas laporan hasil pelaksanaan pengkajian keadaan desa, penyelarasan arah kebijakan pembangunan Pemkab Wonogiri yang akan masuk Desa Slogohimo dan penentuan prioritas kegiatan untuk enam tahun kedepan.

“Dalam Musdes tadi disepakati prioritas kegiatan sebagai unggulan Desa Slogohimo untuk bidang pembinaan kemasyarakatan adalah kelompok tani dan anak. Untuk bidang pemberdayaan adalah peningkatan kapasitas pelaku UMKM, sedangkan bidang pembangunan adalah kegiatan sarana prasarana ekonomi produktif. Awal yang baik diharapkan membawa hal terbaik bagi kemajuan Desa Slogohimo,” urai Kenthut Sriwiyono, Ketua BPD.

Pemerintah Desa Slogohimo berkomitmen untuk memulai tahapan perencanaan pembangunan Desa dengan lebih transparan dan partisipatif karena masyarakat akan menjadi pelaku utama dalam kegiatan pembangunan di Desa Slogohimo.

“Sebagai Kepala Desa terpilih, saya mengajak semua unsur masyarakat di Desa Slogohimo untuk terlibat dalam pembahasan perencanaan pembangunan Desa ini karena saya ingin memulai pembangunan desa lebih terbuka, semanak dan transparan sejak membahas perencanaan pembangunan. Agar nanti dalam pelaksanaannya dapat berjalan lebih baik. Apalagi nantinya, masyarakat juga yang akan menjadi pelaku maka sejak awal harus paham kemana desa ini mau dibawa. Alhamdulillah, pelaksanaan Musdes tadi berlangsung dinamis dan partisipatif serta berhasil menyepakati hal-hal strategis dalam penentuan kebijakan pembangunan desa. Ini baru sebuah awalan yang tentunya kedepan dibutuhkan kerjasama, gotong royong dan kebersamaan yang lebih baik lagi. Saya berkomitmen untuk senantiasa dekat dengan masyarakat, maka saya akan selalu mendengar pendapat warga saya,” jelas Dewantoro, Kepala Desa Slogohimo.

Walau awalnya sempat gagap karena baru pertama melaksanakan kegiatan itu, namun berikutnya dapat berjalan lancar.

“Teknik dalam Musdus ini merupakan hal baru bagi masyarakat Desa Slogohimo karena tahun-tahun sebelumnya tidak dilakukan musyawarah dalam penentuan skala prioritas kegiatan. Musyawarah tadi juga menjadi bukti bahwa masyarakat Desa Slogohimo sangat peduli dengan perencanaan pembangunan desanya,” ucap Murtyasno, perwakilan Dusun Koripan.

Keterwakilan perempuan dalam pembahasan rancangan perencanaan pembangunan desa itu juga nampak dominan karena perempuan Desa Slogohimo berperan aktif dan makin menyadari bahwa perencanaan pembangunan desa merupakan kegiatan yang berkaitan langsung dengan kebutuhan perempuan.

“Perempuan harus berperan aktif agar desanya lebih semarak dan semakin maju. Perempuan harus menjadi garda terdepan dalam pembangunan desa. Kesetaraan perempuan juga menjadi agenda penting karena senyatanya dalam pelaksanaan pembangunan di desa, perempuan akan selalu dilibatkan dan mempunyai nilai strategis,” kata Heny Rahayu, pengurus TP PKK Desa Slogohimo.( Fik)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.