SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Desa Watusomo Menyusun RPJM Des

27

INFOSOLORAYA.COM – WONOGIRI-Masyarakat Desa Watusomo secara partisipatif mengikuti tahapan penyusunan RPJM Des untuk masa anggaran 2019-2024.

Kepala Desa Watusomo, Marno menjelaskan bahwa penyusunan RPJM Des Watusomo memang agak lambat karena terkendala teknis fasilitasi. Namun karena menjadi kewajibannya maka dalam keterbatasan penguasaan teknis maka tahapan penyusunan telah dimulai dengan pembentukan Tim 11.

“Walau terkendala teknis fasilitasi dan minimnya kemampuan SDM yang kami miliki namun tetap kami laksanakan dalam keterbatasan. Yang terpenting adalah partisipasi masyarakat dalam menggali gagasan; masalah dan potensi masing-masing dusun sebagai bahan perencanaan pembangunan kedepan,” jelas Kades Watusomo, Marno.

Tahapan pengkajian keadaan desa dimulai dari Dusun Deles (4/3) dilanjutkan Bandung (5/3), Dologan (6/3) dan terakhir di Dusun Watusomo (8/3). Disamping Musdus juga akan dilaksanaan musyawarah kelompok masyarakat khususnya kelompok perempuan dan tani yang akan digelar di balai desa.

“Dalam penyusunan RPJM Des Watusomo, kami tetap mengacu juklak juknis dari Perbup Wonogiri namun kita sesuaikan dengan kondisi obyektif Desa Watusomo. Memang tidak dapat seideal juklak juknis namun tidak mengurangi maknanya,” ujar Sekdes, Agung.

Agung juga menambahkan bahwa penyusunan RPJM Des Watusomo terbantu dengan adanya pendampingan teknis dari P2KTD Sedah Kecamatan Slogohimo.

Pendampingan yang dilakukan dari P2KTD Sedah adalah pendampingan teknis terutama pelaksanaan kajian keadaan desa dan sistematika RPJM Des.

“Pendampingan yang kami berikan berkaitan teknis fasilitasi pelaksanaan Musdus dan Muskel dengan alat kaji berupa sketsa desa, kalender musim dan bagan kelembagaan. Mereka sebenarnya mampu melakukan namun hanya ragu ketika akan memulai. Juklak juknis sebagai panduan nampaknya kurang aplikatif di tengah masyarakat, mestinya ada penjelasan teknis sehingga perangkat desa mudah memahami,” ulas/Kun Prastowo fasilitator dari P2KTD Sedah Slogohimo( Fik/ KP)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.