SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Destinasi Wisata Pesona Kawah Putih, Bayat Klaten

- Bekas penambangan batu di sulap jadi kawasan wisata ada outbont anak,taman bunga,arena, 5000 pohon yang hijau, panjat tebing mini,dolanan anak,rumah pohon,flying fox mini dan perahu perahunan.

200

Klaten, Infosoloraya- Kabupaten Klaten memiliki berbagai aset wisata yang memanjakan mata dan punya daya magnet untuk dikunjungi para wisatawan.

Di Klaten ini selain ada potensi wisata sejarah, produk- produk kuliner juga ada potensi kawasan wisata buatan yang menarik. Kawasan wisata.

Kawasan itu bernama “Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng” yang terletak di Gajahrejo RT 03 RW 06 , Desa Talang, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Untuk menuju ke kawasan ini, bila anda naik kendaraan atau mobil memakan waktu 15 menit dari jantung kota Klaten, jaraknya kurang lebih 15 Km. Sementara Klaten sendiri sangat dekat dengan Jogja, Solo dan Sukoharjo

Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng yang memiliki luas 2 Hektar itu digagas Nazir Zubaidi sekaligus pemilik kawasan wisata tersebut.

Menurut Nazir Zubaidi kepada Infosoloraya.com mengatakan latar belakangi dibuat kawasan wisata kawah putih negeri dongeng ini pertama keprihatinannya dengan rusaknya alam dengan adanya penambangan batu yang ada di sekitar daerah tersebut.

” Penambagan batu itu mengakibatkan hutan yang dulunya asri dan tempat hidup dari berbagai spesies hewan dan tumbuhan menjadi rusak,” Katanya.

Nazir Zubaidi ( kanan) pemilik kawasan kawah putih, Bayat, Klaten saat bersama Ganjar Pramono, Gubernur Jawa Tengah.( Foto Dokumentasi Istimewa)

Ia khawatir, bila itu berkelanjutan akan menganggu kerusakan ekosistem dan kelestarian alam. Berawal dari situlah, Nazir mengaku memiliki ide atau gagasan untuk membuat wisata alam dengan tujuan menyelamatkan kelestarian alam. Namun tak lupa memberdayakan ekonomi warga.

“Alhamdulillah saat ini di kawasan kawah putih sudah punya arena outbont anak,taman bunga,arena bermain anak,penanaman 5000 pohon untuk penghijaun bantuan dari berbagai fihak,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menambahkan saat ini kawasan kawah putih terus memanjakan para pengunjung dengan arena panjat tebing mini,dolanan anak,rumah pohon,flying fox mini dan perahu perahunan.

 

– Tentang Cerita Indah Kawah Putih

Kawah putih memiliki view yang indah melihat dari ketinggian dan salah satu cagar alam yang harus dilestarikan demi menjaga ekosistem kelestarian alamnya.

Nazir menjelaskan istilah kawah putih diambil dari nama lain bukit temas, menyimpan sebuah peradaban kuno sebelum era modern ini itu dibuktikan terkadang masih ditemukan emas dalam bentuk perhiasan cicin, kalung,maupun anting, suweng yang dalam bentuk kuno (motif motif kuno).

‘Bukit temas dari awalan kata emas sampai saat ini desa di bawah sebelah timur bukit di namai dukuh temas ini hanyalah sebuah mitos atau sebuah cerita yang melegenda di masyrakat sekitar kebenarannya hanya milik Allah,” imbuhnya.

Kawasan ini juga menjadi salah satu laboratorium geologi, karena sampai saat ini masih aktif untuk penelitian tentang geologi dari berbagai Universitas ,UGM, UPN, UN Proklamasi dan lain- lain.

Para peneliti itu ingin mengetahui strukyur batu yang ada dikawah putih dan juga menjadi salah satu cicuit off road terextrim di Indonesia yang dimiliki oleh kabupaten klaten.

Hal itu dibuktikan diadakanya offroad dari Pemda Klaten yang dihadiri dari berbagai offroader nasional tahun 201.

Oleh karena itu pengelola kawasan wisata kawah putih berharap agenda offroad itu sering diadakan lagi.

“Kami siap bekerja sama dengan pihak- pihak terkait, semoga kawah putih menjadi destinasi wisata unggulan dan memberikan manfaat dan barokah untuk semua,” ujarnya.

Sejumlah agenda yang sedang dirintisnya saat ini, ia ingin mendirikan masjid di kawasan kawah putih.

” Insya Allah, tahun 2020 akan segera kita bangun masjid, terkait kapannya belum tahu,” imbuhnya.

Keberadaan masjid di kawasan kawah putih akan menjadi lebih lengkap dengan sarana ibadah.

” Di Masjid di kawasan kawah putih itu nanti kita sediakan peralatan sholat, perpustakaan masjid dan berbagai fasilitas yang lebih lengkap,” tandasnya. ( Taufiq)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.