SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Diah Ratna Handayani, Instruktur Aerobik Aerobik, Bukan Sekedar Gaya Hidup

14


INFOSOLORAYA.COM-KOTA-Senam aerobik saat ini merupakan senam yang mempunyai banyak penggemar khususnya bagi para wanita muda.

Selain aerobik sangat menyehatkan, senam aerobik juga berguna untuk kebugaran tubuh. Jadi senam aerobic tidak sekedar gaya hidup, melainkan untuk kesehatan. Demikian yang diungkapkan Diah Ratna Handayani, Instruktur senam kepada infosoloraya saat kepergok jalan-jalan di Solo Grand Mall Rabu (14/6)

Menurut Diah, Instruktur Aerobik yang sering diundang di kantor-kantor ini menjelaskan saat melakukan gerakan akan banyak membutuhkan banyak energi.

“Senam aerobik mempunyai tahap pemanasan dan pendinginan.Senam yang setiap gerakannya membutuhkan stamina dan kelincahan,”katanya.

Diah menambahkan, untuk gerakan di dalam senam ini adalah gerakan yang membutuhkan banyak energi. Gerakan pada saat melakukan senam aerobik mampu membakar banyak kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

“Bagi orang yang memiliki berat badan lebih dapat melakukan senam ini secara rutin karena berguna untuk mengurangi dan menurunkan berat badan dan makin padat berisi lho,”imbuhnya.

Apa Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan ? Diah menerangkan untuk melakukan aerobik saja jantung akan berdetak lebih cepat karena banyak gerakan yang dilakukannya.

Bila detak jantung lebih cepat dapat menghilangkan penyumbatan ada pembuluh darang, karena jantung terpompa lebih cepat.
Begitu juga dengan paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan.

Senam aerobik bermanfaat sekali untuk meningkatkan kinerja paru-paru. Kenapa ya ? “Karena pada saat melakukan gerakan senam aerobik dibutuhkan energi lebih serta dapat memacu hembusan nafas,”katanya yang selalu berlatih aerobik setiap hari.

Yang menarik lagi, “Penurunan mental dan sifat manusia seperti frustasi, stres, hingga depresi, aerobik mampu lho untuk mengatasinya. Jadi makin asyik aja mas aerobik itu, ”terangnya.

Senam aerobik yang jelas merupakan olahraga yang menyenangkan sehingga, berfungsi untuk mengurangi penurunan kognitif yang sedang dialami.

“Manfaat itu sering saya rasakan lho mas bersama teman-teman yang ikut aerobik selama ini,”ujarnya yang ikut berlatih senam Zumba bersama Instruktur dari Australia.

Banyak ibu-ibu muda yang ingin mengurangi kegemukan setelah melahirkan juga banyak yang makin langsing saja. Begitu juga ibu-ibu muda yang ingin tetap tubuhnya berisi dan sehat juga banyak dirasakan setelah ikut aerobik. (Zuliawan)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.