SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Dispora Bangun Sekolah Khusus Olahragawan

0 45

INFOSOLORAYA.COM-PONTIANAK–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Barat berkeinginan membuka Sekolah Khusus Olahragawan (SKO). Rencana ini mendapat dukungan akademisi, dinas kabupaten/kota yang membidangi olahraga.

Selain itu, rencana pembangunan sekolah khusus olahragawan juga mendapatkan dukungan pelatih dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kalimantan Barat. Dukungan itu terkemuka di saat kegiatan seminar kajian SKO di Hotel Merpati, Senin (19/3).

“Ide SKO ini muncul karena dari daerah-daerah lain mulai berjalan seperti SKO Ragunan Jakarta yang sudah berjalan dari tahun 1977. Saat ini daerah lain sudah membangun SKO seperti Aceh, Sumsel, Riau, Kaltim, dan Surabaya,” kata ketua panitia Sugeng Hariadi, Senin (19/3).

Kegiatan seminar tersebut pun dihadiri langsung Kepala Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) SMP/SMA Ragunan Jakarta Dra Hj Djamilah yang memberikan gambaran dalam prestasi SKO.

Lebih jauh Sugeng menyampaikan, tujuan kegiatan seminar ini diharapkan peserta seminar dapat memberikan sumbangsih pemikiran serta masukan yang dapat menunjang pendirian SKO Kalimantan Barat.

Sugeng mengatakan, dalam rangka meningkatkan prestasi atlet Kalbar, harus dimulai dari pelajar atau usia dini seperti SMP dan SMA. Pembangunan SKO di Kalbar bukan hanya sekadar wacana lagi, tetapi melainkan keinginan Dispora dalam mewujudkan keberadaan SKO.

“Kita berharap atlet yang masuk dalam SKO akan membawa prestasi olahraga Kalbar di tingkat nasional maupun internasional,” tambahnya.

Ditambahkan Sugeng yang juga Kabid Keolahragaan Dispora Kalbar, rencana pembangunan SKO ini akan ditempatkan di Jalan Trans Kalimantan Sungai Ambawang, tahun ini akan masuk dalam pengerjaannya. Selain itu juga SKO ini akan dijadikan satu kesatuan dengan Sport Center Kalbar. Apalagi SKO memerlukan sarana dan prasarana yang lengkap.

Sementara itu Kadispora Kalbar Dra Hj Utin Kusumawaty MSi mengungkapkan sebagai tindak lanjut keberadaan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 (pasal 25 ayat 6) yakni untuk melahirkan atlet-atlet yang berpotensi dan berprestasi di Kalbar sangat perlu didirikan SKO.

“Pendirian sekolah khusus olahragawan sebagai salah satu alternatif untuk melakukan pembinaan dan pengembangan olahragawan pelajar potensial berbakat dengan minat yang tinggi di bidang olahraga,” katanya.

Lanjut Utin, di sisi lain pendirian pusat pendidikan dan latihan merupakan sebuah program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dalam implementasinya diperlukan adanya koordinasi dengan berbagai pihak terkait yang memiliki kompetensi dan wewenang khusus terhadap subjek dari program tersebut.

“Koordinasi dalam organisasi sangat diperlukan untuk mendapatkan dukungan yang optimal dari berbagai pihak,” sambungnya. (fiq/eqtr)

Tinggalkan pesanan