Empat Budayawan Senior Genjot Pengembangan Budaya Tingkat Dusun

INFOSOLORAYA.COM-SUKOHARJO-Menyadari pentingnya benteng pertahanan budaya, empat budayawan kondang terus suport penetrasi pengembangan budaya di tingkat paling rendah yaitu tingkat dusun.

Alasannya tumbuhnya nilai murni asli kebudayaan itu berasal dari tingkat dusun yang mana tidak terkontaminasi berbagai kepentingan termasuk kepentingan politik.

Demikian wacana yang menyeruak pada acara Sarasehan Budaya yang digelar di Dusun Kersan Rt 01/01 Desa Jatisobo-Polokarto-Sukoharjo pada Rabu malam (05/02/2020).

Sarasehan tersebut merupakan kumpulan murni para pegiat budaya ditingkat lokal pedusunan yang diinisiasi oleh sebuah lembaga bernama Komunitas Kasepuhan Pelestari Budaya dan Sejarah.

Adapun keempat budayawan itu adalah Joko Ngadimin selaku Ketua Gerbang Budaya Nusantara, ST Wiyono, mantan Wakil Taman Budaya Jawa Tengah, Pak Bambang ART mantan Kepala Museum Keris Surakarta. Selain itu hadir pula dari Jawa Timur yaitu Dedek Witranto Ketua Rumah Budaya Kediri Jati.

Pada sarasehan tersebut Ketua Gerbang Budaya Nusantara Joko Ngadimin menjelaskan para budayawan ini sangat merespon acara sarasehan tersebut karena hadir di tingkat dusun dan pesetanya terlihat sangat total dalam mengembangkan budaya jawa.

“Semangat budayawan lokal ini harus ditularkan segera pada masyarakat bahwa kembangkan budaya itu sangat penting” tandasnya

Bahkan keempat budayawan itu sangat mengapresiasi jiwa mereka yang rela berkorban walau waktu pikiran dan biaya demi budaya itu adalah point prestasi tersendiri.

Bahkan, selain komitmennya, ternyata sumber daya manusia dan wawasan budaya dari para peserta sarasehan itu sangat luas terbukti mereka mimiliki formula konsep bagaimana kembangkan budaya. ” Diakui atau tidak ditengah trend zaman yang menggila ini cara-cara yang dilakukan pegiat seni lokal ini bisa menjadi resep ketahanan budaya dari virus asing dan lokal” imbuhnya.

Sementara Ketua Komunitas Kasepuhan Pelestari Budaya dan Slamet Supatdi menegaskan pihaknya makin semangat dengan suport dari budayawan yang hadir. Slamet sendiri dikenal getol perjuangkan budaya jawa di tingkat dusun.

“Saya sangat terinspirasi dengan kehadiran para budayawan tersebut. “Jujur saja kalau tidak kita yang memulai lalu siapa lagi yang akan melestarikan budaya jawa” ujarnya.

Slamet komitmen forum sarasehan seperti ini akan lebih sering digelar serta menghadirkan tokoh budaya nasional. (BENNY INDRA)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.