SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

“Festival Jati Donoloyo” di Gelar 19 Oktober

1

INFOSOLORAYA- WONOGIRI- Bila tidak aral melintang Donoloyo, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri akan diramaikan ‘Festival Jati Donoloyo”( FJD) Festival ini rencananya dilaksanakan  Kamis, 19 Oktober 2017 mulai pukul 08.00 s.d. 18.00 WIB.

” Kita sudah konsepkan dengan baik acara Festival ini nanti, ” Kata Kun Prastowo, Ketua Panitia kepada Infosoloraya Kamis (20/7) saat berada di Solo.
Menurut Ketua Panitia FJD tiga tujuan FJD ini pertama untuk menggali potensi budaya sebagai modal pembangunan. Kedua menciptakan ciri khas budaya di Kecamatan Slogohimo. Ketiga menggerakkan antusiasme serta potensi ekonomi kreatif di Kecamatan Slogohimo.

Menurut Kun Prastowo konsep Kegiatan Festival Jati Donoloyo (FJD)  akan menampilkan berbagai kegiatan seperti Parade Seni (Meh Ilang), Kethek Ogleng, Bagongan, Jathilan, Ledhek Ngadirojo, Terbangan, Kothekan Lesung, Threthek, serta Badhutan.

” Kegiatan tersebut sebagai acara pembuka, ” tambahnya.

Masih kata dia FJD akan menggelar banyak berbagai kegiatan yang menarik masyarakat seperti
Sarasehan Rekayasa Genetika Jati  Potensi dan Peluang, Sadranan dan Bancakan.

Sejumlah Pentas Seni Kampung* akan dilaksanakan pada Hari Jumat, 20 Oktober 2017 mulai pukul 08.00 s.d. 24.00 WIB menampilkan berbagai potensi seni budaya di Kecamatan Slogohimo:
Lomba Karawitan tingkat SMP/SMA se-Kabupaten Wonogiri. GR Band (Koes Plus Mania)
Reog Ponorogo (Semut Ireng Duto Simo Mergo).Kethoprak dengan lakon: Babad Alas Donoloyo oleh Teater Janggleng Slogohimo.

Yang tak kalah menariknya lagi sebagai puncak acara FJD akan di gelar Kirab Budaya Babad Alas Donoloyo

“Ini sebagai puncak acara akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 21 Oktober 2017 mulai pukul 09.00 sampai selesai,”katanya.

Acara penutup rencananya juga akan menampilkan Pertama Penabuhan Gamelan Sekaten di Alas Donoloyo Kedua Sendratari dan arak-arakan (performing art) masing-masing desa/kelurahan berciri khas bambu seperti a) Gula Klapa (Paskibra SMA Slogohimo).b) Cucuk Lampah, Domas  Canthang Balung c) Pusaka Ki Ageng Donoloyo. d) Laskar Resi Giri.
e) Bamboo Carnival (15 Desa + 2 Kelurahan).c. Seremonial dan Penyerahan Piala (Lomba).d. Wayangandengan dalang; Gusti Benawa, Ki Pandyo, Ki Wiyono Undung, Ki Tarwadi Cipto Saroyo, S.Sn. dan Aldy Pratama.( Zul)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.