SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Jelang Lebaran, Dishubkominfo Solo Bangun Jalur Bus Priority

69

bus priority

INFOSOLORAYA.COM, SOLO – Menjelang datangnya Lebaran, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo membangun jalu bus priority. Menurut Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat, jalur bus priority dibangun sepanjang 500 meter dengan lebar 4 meter. Pembangunan itu bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Jalan Ahmad Yani akibat aktivitas keluar masuk bus di terminal.

“Bus priority kita manfaatkan apabila terjadi kepadatan bus pada saat arus mudik dan balik lebaran. Kira-kira nanti mampu menampung sekitar 20 bus, masing-masing 10 bus di sisi barat dan timur,” terangnya ketika ditemui saat meninjau kesiapan arus mudik Lebaran di Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (30/6/2015).

Selain itu, Yosca juga mengatakan, jalur bus priority difungsikan untuk mengurangi kemacetan saat keluar masuk bus dari dalam terminal ke Jalan Ahmad Yani. Biasanya bus yang akan masuk maupun keluar sering kali memenuhi badan jalan yang ada di sekitar terminal itu.

Oleh karena itu, ungkap Yosca saat dioperasionalkan jalur bus priority bus dari arah barat yang hendak masuk terminal, langsung masuk ke jalur bus priority sehingga tidak harus terlalu lama memotong badan Jalan Ahmad Yani. Begitu juga sebaliknya, bus yang hendak keluar terminal, juga menyusuri jalur khusus itu sebelum masuk ke badan Jalan Ahmad Yani.

“Dengan begitu kemacetan yang terjadi di Jalan Ahmad Yani bisa diantisipasi. Dan jalur bus priority ini sangat afektiv pada saat momentum Lebaran seperti ini.”

Lebih jauh, Yosca menyebutkan, dari kajian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkutan Lebaran tahun ini tidak akan mengalami kenaikan. Justru kenaikan ini akan terjadi pada kendaraan pribadi. Khusus angkutan lebaran gratis, pihaknya belum dapat memastikan berapa jumlah yang akan masuk ke Terminal Tirtonadi. Namun, melihat pengalaman tahun lalu diprediksi bus gratis yang akan masuk terminal sekitar 1.300 armada.

“Untuk pembangunan terminal sisi timur mulai H-8 Lebarana akan kita liburkan. Supaya tidak mengganggu saat arus mudik dan balik Lebaran,”(zam)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.