SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Klaten : Targetkan Betonisasi Jalan 1,5 Kilometer

0 51
Ilustrasi | Foto Kodim

INFOSOLORAYA.COM – KLATEN-Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung I tahun 2012 mentargetkan pembangunan jalan sepanjang 1.500 meter di Desa Mireng, Kecamatan Trucuk. Untuk betonisasi jalan sepanjang itu TNI dibantu Polri, Ormas, Linmas, dan warga masyarakat menganggarkan dana Rp 207 juta.

”Jalan yang akan dibetonisasi sepanjang 1.500 meter dengan lebar tiga meter,” kata Kapten Inf Sardiyanto, Rabu (23/5) saat memberikan laporan kepada Dandim 0723/ Klaten, Letkol Kav Puji Setiyono pada upacara pembukaan TMMD di Desa Mireng, Kecamatan Trucuk. Hadir pada pembukaan itu Bupati , Sunarna SE, Wabup Sri Hartini SH dan jajaran Muspida.

*TMMD Sengkuyung I / 2012 Dimulai

Menurut Sardiyanto, selain kegiatan fisik berupay jalan beton, akan dilaksanakan pembangunan  lima unit rumah tak layak huni, lima unit jamban keluarga dan satu unit perbaikan rumah ibadah. Program non fisik yang akan dilaksanakan tak kalah banyak. Program penyuluhan bahaya narkoba, reformasi agraria, ketahananpangan, nasionalisme, keluraga berencana sampai sosialiasi desk antiteror akan dilaksanakan. Pembanguna  jalan itu diharapkan akan memperlancar transportasi warga di Kecamatan Trucuk dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Program akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei-12 Juni mendatang.

Anggaran yang digunakan, kata Sardiyanto, mencapai Rp 207 juta yang berasal dari APBD Jateng, badan pemberdayaan masyarakat (Bapermas), Bagian Kesra Pemkab Klaten serta swadaya masyarakat.    Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) menurut Dandim 0723/ Klaten, Letkol Kav Puji Setiyono merupakan bagian dari program yang dilaksanakan serentak di 61 wilayah kabupaten/ kota se Indonesia.

Pelaksanaan TMMD selama 21 hari itu diharapkan akan meningkatkan kehidupan masyarakat. ”Proses perencanaan TMMD disusun melalui sistem <I>bottom up planning<P> atau aspirasi dari bawah. Dia mengingatkan, kehadiran TNI bukan semata-mata membangun desa tetapi sebagai sumber inspirasi bagi masyarakat dan TNI sendiri dalam meningkatkan kepekaan sosial. Untuk mengembangkan komunikasi persuasif bagi lapisan masyarakat.

Dengan pendekatan persuasif diharapkan memotivasi tekad dan semangat masyarakat untuk membangun daerah sendiri. Serta menumbuhkan kesadaran memberdayakan ekonomi daerah.  TNI dalam TMMD juga untuk memahami karakteristik wilayah dengan segenap problematikanya sebagai modal komunikasi TNI dan rakyat.[yuansa@infoklaten.com]

Tinggalkan pesanan