Masya Allah, “Gerak Cepat” Atasi Amblasnya  Tanggul Di Sungai Dekeng, Bayat Klaten

# Penanganan darurat itu langsung ini dipimpin Edy Purnomo,  Camat Bayat, Klaten  melibatkan Kapolsek dan Danramil, BPBD ( Badan Penanggulan Bencana Daerah Klaten, Dinas  Pusda Taru Provinsi Jateng beserta Perangkat desa Paseban dan relawan serta komunitas dengan bantuan alat berat Backhoe dari Balai Besar wilayah sungai Bengawan Solo. #

Klaten, Infosoloraya- Pemberitaan Infosoloraya.com belum lama itu ( 17/1/2020)  terkait  amblasnya tanggul di bantaran sungai Dekeng, Bayat, Klaten dan  terancam  putusnya jalan desa serta terancamnya sejumlah rumah di dusun Jalen RT 01/RW 05 ditanggapi secara “gerak cepat’ Edy Purnamo, orang nomer satu di Kecamatan Bayat.

Penanganan darurat itu langsung ini dipimpin Edy Purnomo,  Camat Bayat, Klaten  melibatkan Kapolsek dan Danramil, BPBD ( Badan Penanggulan Bencana Daerah Klaten, Dinas  Pusda Taru Provinsi Jateng beserta Perangkat desa Paseban dan relawan serta komunitas dengan bantuan alat berat Backhoe dari Balai Besar wilayah sungai Bengawan Solo.( Foto : Dokumentasi Istimewa BPBD )

.

Tidak ada yang bisa mampu terucap selain mengucapkan Alhamdulillah dan terimakasih dari warga setempat kepada Edy Purnomo, Camat Bayat beserta dinas terkait yang berjuang keras mengatasi  kritisnya tanggul di bantaran sungai itu.

Penangangan darurat amblasnya tanggul yang hampir menggerus 4 meter  ke dalam berdekatan  beton jalan desa  sepanjang 100 meter itu  langsung  dilakukan penanganan pada Rabu  ( 22/1/2020).

Normalisasi sungai di bantaran sungai dekeng, Bayat, Klaten. Normalisasi sungai itu setelah ada kejadian amblasnya tanggul akibat banjir ( Foto Istimewa)

Penanganan darurat itu langsung ini dipimpin Edy Purnomo,  Camat Bayat, Klaten  melibatkan Kapolsek dan Danramil, BPBD ( Badan Penanggulan Bencana Daerah Klaten, Dinas  Pusda Taru Provinsi Jateng beserta Perangkat desa Paseban dan relawan serta komunitas dengan bantuan alat berat Backhoe dari Balai Besar wilayah sungai Bengawan Solo

Slamet Widodo, Ketua Komunitas Peduli Lingkungan Dukuh Jalen RT 01/ RW 05 Desa Paseban, Bayat, Klaten saat beberapa waktu lalu memperlihatkan amblasnya tanggul kepada Infosoloraya.com (/17/1/2020) ( Foto : Taufiq)

” Alhamdulillah, penanganan darurat normalisasi sungai  sudah di mulai sampai selesai nanti, penanganan tanggap  darurat terjadi setelah kami mengecek lokasi dan melaporkan kondisi yang ada ke dinas terkait,” Kata Edy Purnomo kepada Infosoloraya.com ( 23/1/2020).

Pihaknya mengaku akan terus memantau jalannya normalisasi sungai di bantaran sungai Dekeng sampai selesai.

Secara terpisah, Slamet Widodo ( Ambar) Ketua Komunitas Warga Peduli Lingkungan Dukuh Jalen RT 01 RW 05, Desa Paseban, Kecamatan Bayat mengatakan  berterimakasih atas responnya Edy Purnomo Camat Bayat beserta Dinas Terkait.

” Alhamdulillah mas pemberitaan Infosoloraya.com  kemarin terkait kondisi kritis langsung direspon dengan cepat dan itulah bukti kepedulian seorang pemimpin terhadap kondisi warganya, matursuwun untuk semuanya,” katanya.

Meski warga setempat merasa lega mendapat respon cepat penanganan normalisasi  darurat sungai, nanun ada harapan warga lagi agar penanganannya  tidak hanya normalisasi sungai saja sekaligus juga ada penanganan darurat membuat pondasi bronjong batu kawat untuk pertahanan bantaran sungai agar tidak menggerus jika sewaktu- waktu ada air datang.

” Yang jelas kami sekali lagi mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak atas penanganan ini,” tandasnya ( Taufiq)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.