SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Mobil Listrik di Indonesia, Mimpi Kali Yaaaa

12
para peserta perwakilan dari produsen mobil perwakilan di Solo Raya pada acara Outo Vaganza di Hartono Mall Solo Baru
para peserta perwakilan dari produsen mobil perwakilan di Solo Raya pada acara Outo Vaganza di Hartono Mall Solo Baru

INFOSOLORAYA.COM-SUKOHARJO-Saat ini, jangan berharap masyarakat Indonesia bisa menikmati mobil listrik. Karena saat ini tidak mungkin pabrikan mobil bisa jualan mobil listrik di Indonesia. Penyebabnya pemerintah belum menyetujui.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Buddy K perwakilan dari produses Chevrolet untuk menjawab pertanyaan wartawan ini, pada acara konferensi pers Auto-Vaganzaoleh Jumat (4/3) di atrium Hartono Mall Solo Baru.

Buddy menyatakan Chevrolet sebagai pabrikan mobil internasional sudah mempun produk mobil listrik untuk dipasarkan. Saat ini baru dipasarkan di luar negeri. Tetapi saat ini tidak mungkin dipasarkan di Indonesia.

Ini alasannya. Pertama, terkait dengan regulasi pemerintah. Pemerintah belum punya aturannya. Pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) terdapat kolom Bahan Bakar Minyak. Jika mesin Disel maka BBM-nya solar. Premium maka BBM-nya besin.

“Nah kalau mobil listrik, kolom BBM-nya mau ditulis apa. Listrik gittu. Jadi harus merubah format dan segala macemnya,” kata Buddy, mewakili beberapa perserta pameran bertajuk “Outo Vaganza” yang lain.

Alasan lain, pemerintah harus melakukan riset mengenai kebijakan jika ada mobil listrik di Indonesia. Kedua, pajak penjualan kendaraan bermotor bertenaga listrik (mobil listrik/motor listrik) dipungut pajak sangat tinggi dibandingkan mobil bensin/solar. (baguss)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.