SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Musdus Desa Slogohimo Wonogiri, Rampung

144

INFOSOLORAYA.COM – WONOGIRI-ahap penyusunan RPJM Des Slogohimo telah memasuki tahap ketiga berupa kegiatan Pengkajian Keadaan Desa, namun dari sisi teritorial (dusun). Sementara sisi sektoral (kelompok masyarakat) masih akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Maret mendatang.

“Alhamdulillah, tahapan pengkajian keadaan desa melalui Musdus di empat dusun; Dongol, Ngerjopuro, Koripan dan Bondalem telah rampung dilaksanaan. Banyak gagasan masyarakat yang digali dan ditemukenali. Masalah dan potensinya juga dapat kita rekam. Ini akan menjadi bahan utama penyusunan RPJM Des Slogohimo disamping nanti akan disinkronkan dengan gagasan pokmas, visi misi Kades dan arah kebijakan Pemkab. Partisipasi masyarakat Desa Slogohimo juga sangat antusias,” jelas Dewantoro, Kades Slogohimo.

Dewantoro juga menjelaskan bahwa Tim 11 yang bertugas memandu berupaya mentaati aturan sesuai juklak juknis di Perbup No 3 tahun 2017 agar mekanisme dan tahapan berjalan sebaik-baiknya.

Dalam Musdus itu, Tim 11 menggunakan teknik Perencanaan Pembangunan Pertisipatif Masyarakat Desa (P3MD) dengan alat kaji berupa diskusi kelompok terbatas untuk; sketsa desa, kalender musim dan bagan kelembagaan.

“Kita mencoba normatif saja karena aturannya memang begitu. Ini memang hal baru bagi masyarakat Desa Slogohimo dalam perencanaan pembangunannya, namun mereka menjadi lebih paham mekanismenya. Semangat perubaan tengah digulirkan kepada masyarakat agar lebih partisipatif dalam turut serta membangun desanya,” ujar Titin Kusdarmasih, Ketua Tim 11.

Dari tahapan yang masih harus dilakukan, Tim 11 memang harus bekerja keras dalam memenuhi target yang diminta Dinas PMD Kabupaten Wonogiri bahwa penyusunan RPJM Des harus selesai akhir bulan Maret 2019.

“Semoga target itu nantinya bisa tercapai. Tim 11 akan bekerja keras mentaati agenda yang sudah kita susun,” pungkas Pardi, Sekretaris Tim 11.( Fik/ KP)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.