SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Sebelum Indonesia Merdeka, Aisyiyah Sudah Dirikan PAUD

- Terkait dunia pendidikan, Muhammadiyah sudah mendirikan ribuan sekolah yang menyebar di dalam negeri maupun di luar negeri, wujud kepedulian yang terbaik untuk negeri.

68

Sukoharjo, Infosoloraya- Sejak lahir Perempuan Muhammadiyah Aisyiyah senantiasa peduli pada Dunia Pendidikan. Demikian yang dikatakan Haji Wiwaha Aji Santosa SPd , Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo, Jawa Tengah kepada media ini (25/11/2019).

” Diawali oleh Nyai Ahmad Dahlan ( Nyi Walidah ) mengumpulkan para wanita buruh bathik untuk diajari membaca dan berhitung , tentu agama menjadi pelajaran utama,” kata Wiwaha Aji Saputra PDM Sukoharjo kepada media ini (27/11/2019)

Menurut Wiwaha, Aisyiyah merupakan salah satu organisasi ortonom bagi Wanita Muhammadiyah yang didirikan di Yogyakarta pada 27 Rajab 1335 H bertepatan dengan 19 Mei 1917 Nyai Ahmad Dahlan.

Masih dalam keterangannya, tidak berapa lama ketika PAUD berdiri kemudian Aisyiyah mendirikan Taman Kanak Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal ( TK ABA ) satu abad yang lalu tepatnya 19 Agts 1919 di Yogyakarta, sekarang ribuan TK ABA, bahkan lebih tersebar seantero Indonesia

“Di Sukoharjo saja ada sekitar 184 PAUD, kemudian menyusul SD Aisyiyah, SLTP,SLTA bahkan Universitas Aisyiyah di Yogyakarta,”ujarnya.

Di luar negeri pun sudah ada PAUD Aisyiyah misal di Singapura, Mesir dan Australia. Data terakhir tahun 2019 jumlah Amal Usaha Bidang Pendidikan Aisyiyah khususnya Paud , Perguruan tinggi sejumlah 23.772 Kelompok Bermain ( KB ) 1.385.

” Data itu mungkin sudah bertambah seiring pembangun terus berjalan, Ini perwujudan amal usaha nyata Muhammadiyah dalam kepedulian dunia pendidikan sekaligus memberikan terbaik untuk negeri,’ katanya.

Disamping kepedulian pendidikan yang sudah dilakukan sebelum Indonesia merdeka, Muhammadiyah juga sudah lama bergerak dalam kepeduliannya di dunia kesehatan, perekonomian, kepedulian sosial, budaya dan lain sebagainya.

” Alhamdulillah semua amal usaha nyata itu membawa berkah semua untuk Indonesia dan umat secara menyeluruh,” tandasnya ( Taufiq)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.