SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Tugas Kelompok 1; PKL di Primer Koperasi Kartika Tidar 01 Kota Magelang

26

Infosoloraya, Magelang– PKL yang dilakukan peserta ‘Workshop dan PKL Perkoperasian dalam rangka Penguatan Kelembagaan Pokmas di Wilayah Sekitar Hutan’ yang diselenggarakan Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UMKM Pemkab Wonogiri berkesempatan melakukan kunjungan di Primer Koperasi Kartika Tidar-01 Kota Magelang.

Primer Koperasi Kartika Tidar-01 yang berdiri sejak tahun 1972 berlokasi di Dendemlat Akmil Magelang merupakan koperasi yang melakukan kegiatan usaha sektor riil diantaranya; pertokoan (waserba), pembuatan kompos organik, pembuatan batako, cukur rambut hingga usaha agrobisnis (durian Musangking, jeruk Bicopon, kedelai Damame dan pepaya Amerika)

“Diversifikasi usaha yang dilakukan, khususnya argobisnis dan pembuatan kompos organik, karena menyesuaikan geografis wilayah Akmil di kaki gunung Tidar Magelang yang memiliki lahan cukup luas. Lahan tidur yang kita miliki kita maksimalkan menjadi lahan usaha yang cukup menguntungkan bagi anggota koperasi Kartika Tidar-01,” ungkap Kapten Inf. Supribadi, Ketua Koperasi Kartika Tidar-01.

Koperasi yang menggerakkan usahanya dari komplek Akmil Tidar Magelang itu telah berkembang cukup progresif dan mampu mencapai berbagai prestasi di Kota Magelang.

“Kapasitas produksi dari beberapa usaha memang belum maksimal. Produksi Batako maksimal baru kisaran 10 ribu dalam satu pesanan. Produksi pupuk kompos juga belum maksimal karena hanya memanfaatkan sampah pemotongan rumput di sekitar komplek walau demikian kualitasnya sudah cukup baik dan diterima pasar. Khusus simpan pinjam per bulan telah mampu menggulirkan dana Rp 17-20 juta per bulan dengan angsuran yang rata-rata tertib. Anggota koperasi yang berjumlah 206 orang, baik yang aktif maupun pasif sangat terbantu dwngan adanya Koperasi Kartika Tidar-01 ini,” jelas Kapten Inf Edi Pangrengkuh, Ketua Pengawas.

Kebijakan Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian cukup aktif membina koperasi di wilayah kerjanya.

Pemkot Magelang tidak tinggal diam dalam mendorong koperasi agar tumbuh berkembang dengan memotivasi penguatan kelembagaan, memberi dukungan pendampingan dan fasilitas hingga mendorong koperasi untuk membuat usaha di sektor riil.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan berkoperasi dengan berbagai jenis kegiatan usaha akan menjadikan koperasi bersangkutan semakin berkembang dan muaranya adalah mencukupi kebutuhan anggota serta mensejahterakan anggotanya.

Bagi para peserta Workshop dan PKL, kegiatan ku jungan lapangan ini semakin melengkapi materi yang didapat di dalam ruangan.

Peserta mendapatkan manfaat cukup besar karena dapat menggali data, menimba ilmu secara langsung serta mendapat transfer pengalaman.

Semua itu diharapkan akan semakin memperkuat para peserta notabene pelaku koperasi di Kabupaten Wonogiri.

Sebuah kesempatan untuk mengembangkan diri dan potensi sekaligus mempersiapkan diri membangun usaha dengan kelembagaan koperasi.

Sekedar info untuk Kelompok 1 tercatat
Kun Prastowo,
Andiana Danang,
Jaino,
Suryadi,
Amrih Mulyono,
Sujiman,
Sawal,
Saryono,
Sularto,
Deni Adi Nugroho( Zul)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.