SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Wisata “Kawah Putih ” Rencana Bangun 7 Keajaiban Dunia

114

INFOSOLORAYA.COM-KLATEN-memiliki aset wisata yang luar biasa, beraneka ragam kerajinan, beraneka ragam petilasan sejarah yang tidak lapuk oleh perubahan zaman.

Hal ini dikarenakan Klaten memiliki potensi luar biasa- bila dikelola dengan baik-, kemudian juga di tunjang semangat pelaku pariwisata yang ingin Klaten tidak ingin kalah dengan daerah lain seperti Solo, Karanganyar, Jogja dan lain- lain.

Di Klaten ini selain ada potensi wisata sejarah, juga ada potensi kawasa wisata buatan yang menarik. Kawasan wisata itu “Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng” yang terletak di Gajahrejo RT 03 RW 06 , Desa Talang , Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Bila naik naik kendaraan atau mobil memakan waktu 15 menit dari jantung kota Klaten, jaraknya kurang lebih 15 Km.

Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng yang memiliki luas 2 Hektar itu digagas Nazir Zubaidi sekaligus pemilik kawasan wisata tersebut.

Menurut Nazir Zubaidi kepada awak media ini mengatakan latar belakangi dibuat kawasan wisata kawah putih negeri dongeng ini pertama keprihatinannya dengan rusaknya alam dengan adanya penambangan batu yang ada di sekitar daerah tersebut.

” Penambagan batu itu mengakibatkan hutan yang dulunya asri dan tempat hidup dari berbagai spesies hewan dan tumbuhan menjadi rusak,” Katanya.

Pihaknya khawatir, bila itu berkelanjutan akan menganggu kerusakan ekosistem dan kelestarian alam. Berawal dari situlah, Nazir mengaku memiliki ide atau gagasan untuk membuat wisata alam dengan tujuan menyelamatkan kelestarian alam. Namun tak lupa memberdayakan ekonomi warga.

Dia juga berharap ada yang peduli dengan tujuan yang baik dan mulia ini untuk alam dan warga sekitar , mungkin saat ini penanaman pohon penghijauan paling urgent.

” Karena tidak mudah untuk menanam pohon- pohon di sana perlu tanah yang diambil dari luar area ,” ujarnya.

Apa yang menarik dari kawasan wisata alam kawah putih negeri dongeng? Para wisatawan bisa menikmati view yang diperoleh dengan lahan bebatuan yang luas dan indah,bisa menambah ilmu tentang geologi karena sampai saat ini penelitian tentang ‘kegeologian” masih sering dilakukan dari berbagai Univeritas baik itu UPN, UGM dan kampus- kampus lainnya yang sering mengadakan penelitian bebatuan yang ada di kawasan ini.

Nazir menyadari, meski Kawasan Kawah Putih Negeri Dongeng masih belum sempurna dan masih dalam proses perbaikan, namun para pengunjung tidak perlu kecewa karena banyak alam bebatuan yang sudah dibuat semenarik mungkin dan bisa dinikmati. Berbagai acara hiburan dan seni juga sering ditampilkan di kawasan ini.

” Alhamdulillah kalau ada hari libur banyak pengunjung apalagi ada hiburan dan pementasan seni yang ditampilkan warga setempat, ” imbuhnya.

Nazir Zubaidi, Pengagas dan Pemilik Lahan Kawasan Wisata “Kawah Putih Negeri Dongeng ” di Gajahrejo RT 03 RW 06 , Desa Talang , Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Ke depannya, pemiliki kawasan itu mengaku akan secepatnya membangun tujuh meniatur keajaiban dunia, kolom renang. pusat kuliner berbagai potensi kuliner di sekitar dan membangun berbagai pertemuan dan rapat rapat, pusat hiburan anak berbagai macam maianan anak- anak kekinian dan petualangan.

Tidak sekedar hiburan, tetapi nilai- nilai pendidikan, religius juga akan di kemas sebaik- baiknya. Kita membangun wisata yang sehat dan berkualitas.

” Ada yang menarik juga akan kami buatkan rute di kawasan kawah putih untuk menuju ke bukit cinta, Masjid Pandanaran dan Rowo Jombor. Begitu juga pameran Jeep Klasik juga akan kami pamerkan,” tambahnya.

-Harapan dan Koloborasi Berbagai Pihak

Untuk kerjasamanya, Nazir menjelaskan sekedar diketahui lokasinya kawasan kawah putih adalah lahan pribadinya sendiri dan untuk membangun kawasan wisata yang baik, ia mengaku tidak bisa sendiri. Saat ini juga mendapatkan dukungan dari pihak baik dari Dinas Pariwisata Klaten, Kepala Desa, Tokoh- Tokoh masyarakat dan rekan- rekan para Investor yang peduli wisata.

” Saya mengucapkan banyak terimakasih semua pihak yang membantu tujuan mulia ini, ‘ tuturnya.

Dia mengharapkan promo dan event event skala Kabupaten bisa sering diagendakan di “kawah putih negeri dongeng ” ini dan sampai saat ini komunikasi berbagai Dinas Pariwisata dan Dinas lainmya Pemkab Klaten terus terjalin, disamping secepatnya berharap dibantu soal penghijauan

” Kami juga melibatkan masyrakat juga, tujuan kami melibatkan banyak unsur masyarakat sekitar karena sama- sama nyengkuyung melakukan tujuan yang mulia Semog kawah putih negeri dongeng bisa bermanfaat bagi semua dan barokah serta bisa menjadi sumber pendapat daerah, ” tandasnya. ( Fik )

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.