SOLO | WONOGIRI | KLATEN | SUKOHARJO | KLATEN | KARANGANYAR | SRAGEN

Wonogiri : WGM dan Pidekso Akan Diproduksi Untuk Air Bersih Se Soloraya

0 59

INFOSOLORAYA.COM – WONOGIRI –Perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM) dan Waduk Pidekso Giriwoyo (WDG) Kabupaten Wonogiri akan diproduksi untuk kebutuhan air bersih bagi penduduk di lima Kabupaten/Kota se Soloraya, yakni Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Karanganyar dan Sragen disingkat Wosusokas. 

Rencana pemanfaatan air dari WDG sebagai tahap kedua pembangunan SPAM Regional Wosusokas yang akan dilaksanakan paling lambat tahun 2015 mendatang. Hal itu dibahas di Sendang Wonogiri, Rabu (23/5) siang yang dihadiri oleh pejabat Pemprov Jateng dan perwakilan lima Kabupaten/kota Wosusokas.

Pemprov Jateng diwakili Dini Intani staf Bidang Cipta Karya dan Tata Ruang. Dini mengatakan dalam pertemuan dibahas perjanjian kerjasama program SPAM Wosusokas. Antara lain menentukan siapa yang terlibat dan kewajibannya dalam program SPAM Wosusokas. MoU (memorandum of understanding) sudah ditanda tangani waktu lalu.

“Dalam MoU kan masih bersifat luas, nah kali ini dibicarakan lebih detil,” kata Dini didampingi Husna Faizah. Dibeberkan Program SPAM Regional Wosusokas ada dua tahap. Pertama penyediaan air dan jaringannya dengan debit 1100 liter per detik yang diproduksi dari WGM Wonogiri.

*Proyek senilai Rp.3,5 Trilyun

Tahap kedua penyediaan air dengan debit 1.000 liter yang akan diambilkan dari WDG dan Waduk Gondang di perbatasan Sragen dan Karanganyar. “Pemda harus berperan dan komit agar program SPAM Regional Wosusokas ini sukses. Pemprov Jateng siap memfasilitasi,” tambahnya.

Tahap pertama proyek ini dianggarkan Rp.1,6 Triliun dari Rp.3,5 Milyar yang disiapkan pemerintah Pusat. Direktur PDAM Wonogiri Suharno mengatakan siap menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya terkait ketersediaan air bersih dengan debit 2.100 liter per detik untuk Wosusokas.

Produksi SPAM Regional akan memproduksi debit 2.100 liter per detik. Produksi tersebut didistribusikan untuk Wonogiri 200 liter per detik, Sukoharjo 350 liter per detik, Solo 900 liter per detik, Karanganyar 350 liter per detik dan Sragen 350 liter per detik. Daerah Wosusokas yang memanfaatkan SPAM Regional dibebani mengurus perijinan, pembebasan lahan, menyusun DED dan sosiliasiasi. [bagus@infowonogiri.com]

Tinggalkan pesanan